Hasil Pertandingan Piala AFF U-19 2022: Bantai Filipina, Indonesia Jaga Asa ke Semifinal

  • Bagikan

IDSATUNEWS-Timnas Indonesia Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan di matchday keempat Grup A Piala AFF U-19 2022. Berhadapan dengan Filipina U-19, Garuda Nusantara menang dengan skor 5-1.

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 dipersembahkan hattrick Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico dan Razza Fachrezi. Sementara Filipina mencetak gol hiburan dari Justin Laurence.

Bermain di depan ribuan pendukung setia, Timnas Indonesia tampil menekan sejak awal laga. Shin Tae-yong yang melakukan rotasi di laga ini tampil menekan sejak awal, Namun Filipina di awal-awal laga memberikan perlawanan yang cukup sengit.

Namun Garuda Nusantara yang tampil dominan sukses mencetak gol melaluia titik putih, setelah Subhan Fajri dilanggar di kotak penalti. Rabbani yang dipercaya menjadi eksekutor berhasil memperdaya kiper Filipina dengan tembakan pelannya. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Indonesia U-19.

Keunggulan satu gol membuat Indonesia semakin percaya diri menekan. Sehingga Filipina dipaksa bertahan di dalam kotak penalti.

Alhasil di menit 27 Indonesia kembali mencetak gol kedua setelah umpan terobosan Rabbani diselesaikan dengan tembakan keras dari Alfriyanto Nico. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Garuda Nusantara.

Namun sayang Indonesia lengah, di mana selisih satu menit dari gol Nico, Filipina sukses memperkecil kedudukan. Berawal dari antisipasi yang salah dari para bek Indonesia atas lemparan ke dalam Filipina, Justin berhasil merebut bola dan melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Gol ini menjadi tamparan bagi pemain Indonesia. Alhasil anak asuh Shin Tae-yon itu kembali mendobrak pertahanan Filipina.

Di menit 39, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti lagi setelah Zanadin dilanggar di kotak penalti. Rabbani yang kembali menjadi eksekutor sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 3-1 bertahan untuk keunggulan Garuda Nusantara.

Meski unggul tiga gol di babak pertama, Timnas Indonesia tidak mengendorkan serangannya. Benar saja, baru empat menit babak dua berjalan, Garuda Nusantara kembali mencetak gol.

Kali ini Rabbani sukses mencatatkan hattrick melalui sundulannya. Sehingga Indonesia unggul 4-1 atas Filipina.

Gol tersebut membuat Timnas Indonesia semakin percaya diri untuk mempertahankan dominasi terhadap Filipina. Alhasil di menit 70, Timnas Indonesia sukses mencetak gol kelimanya.

Adalah Razza, pemain pengganti yang sukes mencatatkan namanya di papan skor. Mendapatkan umpan matang di dalam kotak penalti, Razza yang tidak dikawal ketat oleh bek Filipina sukses melepaskan tembakan yang mengoyak jala sang tamu. Skor berubah menjadi 5-1 untuk keunggulan Indonesia.

Setelah unggul 5-1, permainan intensitas permainan Indonesia mulai menurun. Para pemain terlihat agak kecapaian dan momen ini dimanfaatkan Filipina untuk menekan pertahanan Garuda Nusantara.

Namun meski tampil menekan, namun mereka gagal membuat peluang berbahaya di laga ini. Alhasil hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 5-1 bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Berkat hasil ini, Timnas Indonesia mendapatkan kenaikan posisi di klasemen sementara grup A Piala AFF U-19 2022.

Indonesia mengoleksi total delapan poin dari empat laga, sehingga mereka naik ke peringkat tiga, menggusur Myanmar yang kalah dari Vietnam pada sore tadi.

Sementara kekalahan telak ini membuat Filipina masih tanpa kemenangan. Namun mereka berada di peringkat lima, unggul selisih gol dari Brunei Darussalam yang berstatus sebagai juru kunci.

Susunan Pemain Kedua Tim

Filipina U-19: Lance; Jaime, Zachary, Cian, Dov; John Dale, Antoine, Justin; Kamil, Andres, Uriel

Pelatih: Christopher Pedimonte

Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Kadek, Ferrari, Marcell, Edgard; Frezy, Ferdiansyah, Zanadin, Subhan, Nico; Rabbani.

Pelatih: Shin Tae-yong

  • Bagikan