Hasil Piala AFF U-19: Menang Atas Brunei 7-0, Indonesia U-19 Jadi Runner Up Grup A

  • Bagikan

IDSATUNEWS-Timnas Indonesia U-19 memetik kemenangan besar di pertandingan kedua grup A Piala AFF U-19 2022. Berhadapan dengan Brunei Darussalam U-19, Skuat Garuda Nusantara berhasil menang telak dengan skor 7-0.

Bermain di stadion Patriot, Bekasi, anak asuh Shin Tae-yong langsung tancap gas sejak awal laga. Benar saja, baru dua menit laga berjalan Indonesia berhasil membuka keunggulan setelah umpan tarik Kakang Rudianto diselesaikan dengan tap in oleh Hokky Caraka. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

10 menit berselang, Timnas Indonesia sukses menggandakan keunggulan. Adalah Ronaldo Kwateh yang melepaskan tembakan yang gagal dihalau oleh Danish. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Hokky kembali mencatatkan namanya di papan skor dua menit berselang. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Brunei, pemain PSS Sleman itu sukses menceploskan bola ke gawang Brunei. Indonesia unggul 3-0 atas Brunei.

Meski unggul tiga gol tidak membuat Timnas Indonesia menurunkan tempo permainan mereka. Di menit 19, Hokky Caraka sukses meraih hattrick usai mendapatkan umpan matang dari Kakang. Tidak lama berselang, Indonesia kembali mencetak gol melalui sepakan Arkhan. Skor berubah menjadi 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

Unggul 5-0, tempo permainan sedikit menurun. Namun Indonesia sukses mengurung Brunei Darussalam di dalam kotak penalti. Di menit 32 Ronaldo Kwateh nyaris mencetak gol keduanya andai sepakannya tidak mengenai mistar gawang.

Saat laga babak pertama akan berakhir, Timnas Indonesia mencetak gol keenam. Hokky Caraka lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Skor 6-0 menutup keunggulan Indonesia di babak pertama.

Unggul 6-0 di babak pertama, Shin Tae-yong memutuskan melakukan rotasi. Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh dan Arkhan Fikri ditarik dan digantikan Ferdiansyah, Razzaa Fachrezi, dan Zanadin Pariz.

Meski tiga pemain intinya ditarik, Timnas Indonesia U-19 masih dominan atas Brunei Darusalam. Garuda Nusantara maju dan menggempur pertahanan Brunei Darusalam.

Di menit 60, Shin Tae-yong memutuskan menarik Kakang Rudianto dan memasukkan Alfriyanto Nico. Keputusan ini terbukti jitu, karena sang gelandang sukses mencetak gol ketujuh Indonesia di laga ini.

Berawal dari kemelut di depan gawang Brunei, Nico maju dan melepaskan tembakan melengkung ke gawang Danish. Skor berubah menjadi 7-0 untuk keunggulan Indonesia.

Situasi pertandingan tidak banyak berubah setelah gol ketujuh Indonesia tercipta. Skuat Garuda Nusantara terus menggempur pertahanan dari Brunei Darusalam.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 7-0 tidak berubah untuk keunggulan Indonesia.

Kemenangan 7-0 atas Brunei Darussalam ini berdampak besar bagi posisi Timnas Indonesia di klasemen grup A Piala AFF U-19.

Timnas Indonesia saat ini naik ke posisi runner up grup A. Indonesia meraih empat poin setelah menang atas Brunei dan imbang melawan Vietnam.

Indonesia mengungguli Vietnam yang sama-sama mengoleksi empat poin karena unggul selisih gol. Sementara Indonesia saat ini tertinggal dua poin dari Thailand di puncak klasemen yang mengoleksi enam poin dari dua laga.

Sementara kekalahan ini membuat Brunei berada di posisi buncit di klasemen sementara grup A Piala AFF U-19.

Susunan Pemain Kedua Tim

Indonesia U-19: Cahya; Rusadi, Marcell, Dimas Pamungkas, Kakang, Tata, Rafli, Marselino, Arkhan; Hokky, Ronaldo.

Pelatih: Shin Tae-yong

Brunei Darussalam U-19: Danish Aiman; Rawi, M. Lim, Syariee, Omar; Aleshahmezan, Yazid; Aminuddin, Latip, Affendy; Munawwar.

Pelatih: Faizalani Abdul Ghani

Jadwal Timnas Indonesia U-19

Rabu, 6 Juli 2022
Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand
Stadion Patriot Candrabaga
Kick-off Pukul 20.00 WIB

• Jumat, 8 Juli 2022
Timnas Indonesia U-19 Vs Filipina
Stadion Patriot Candrabaga
Kick-off Pukul 20.00 WIB

• Minggu, 10 Juli 2022
Timnas Indonesia U-19 Vs Myanmar
Stadion Patriot Candrabaga
Kick-off Pukul 20.00 WIB

  • Bagikan