Harga Tiket Pesawat Melonjak, Akibat Kenaikan Harga Avtur dan Keterbatasan Armada Yang Beroperasi.

  • Bagikan

IDSATNEWS.COM – Tak hanya rute penerbangan ke luar negeri, harga tiket pesawat domestik juga melonjak signifikan. Bahkan untuk harga tiket ke Bali sudah mencapai jutaan pada tanggal-tanggal tertentu.

Peningkatan harga tiket pesawat domestik karena beberapa hal. Mulai dari penerapan fuel surcharge pada harga tiket imbas kenaikan harga avtur, hingga keterbatasan armada yang beroperasi.

Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, mengatakan tidak hanya dikenakan fuel surcharge, namun karena sampai saat ini juga sudah tidak ada lagi maskapai memberikan promo.

“Kalau dalam negeri kan sudah ada tarif batas, namun lebih karena harga promo gak pernah dibuka lagi. Mengenai kenaikan fuel surcharge juga tergantung jarak jauh atau dekatnya penerbangan,”

Pengamat Penerbangan AIAC Aviation Arista Atmadjati, menjelaskan berkurangnya jumlah armada pesawat juga memberikan dampak pada kenaikan harga tiket, dimana saat ini permintaan pada industri penerbangan tengah mengalami peningkatan.

Dari data Kemenhub, kini jumlah pesawat yang beroperasi hanya 350 pesawat dari total 550 pesawat. Sehingga permintaan kebutuhan angkatan udara tidak sebanding dengan jumlah pesawat.

  • Bagikan