Rupiah dibuka melemah 23 poin pada Senin pagi

  • Bagikan


IDSATUNEWS.COM – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi melemah 23 poin atau terkoreksi 0,16 persen ke posisi Rp14.456 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.433 per dolar AS.


Sementara nilai tukar Yen Jepang melemah terhadap Dolar dan Euro di awal perdagangan Asia pada Senin, menjelang minggu sibuk yang berfokus pada kebijakan di mana inflasi akan menjadi sorotan dengan pertemuan utama Bank Sentral Eropa (ECB) dan data harga konsumen AS yang dijadwalkan.

Dolar naik menjadi 130,99 yen di awal perdagangan, tertinggi baru satu bulan, dan tidak jauh dari puncak 20 tahun bulan lalu di 131,34, setelah naik 2,95 persen minggu lalu.

Euro juga naik terhadap mata uang Jepang dan mencapai 140,38 yen pada Senin pagi, memperpanjang level tertinggi tujuh tahun pekan lalu.

Analis Barclays mengaitkan pelemahan yen pekan lalu dengan pemulihan aset-aset berisiko, kenaikan imbal hasil luar negeri, dolar yang lebih kuat dan harga minyak yang lebih tinggi menyebabkan kekhawatiran tentang neraca perdagangan Jepang.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 102,1 setelah naik 0,47 persen minggu lalu setelah data pekerjaan dan manufaktur bagus.

Dolar Australia berada di 0,7204 dolar AS pada Senin, setelah naik 0,67 persen minggu lalu.

  • Bagikan